Hai bro sis & sekalian.. Terimakasih yang udah mau ngunjungin blog sederhana buatan ane kali ini ane bakal nyeritain nih sedikit pengalaman yang ane rasain selama beberapa tahun menggunakan motor New Jupiter MX135 (NJMX), ya... motor keluaran pabrikan yamaha ini emang laris manis di pasaran motor indonesia tak cuman di indonesia aja bro motor ini di produksi di negara negara asia lainnya seperti di vietnam, yang membedakan cuman namanya doang ko sama stikernya mesin sama bodi nya masih sama mengusung eagle aye, keren yah mata elang emang iya kalo tampak dari depan lampu kota motor ini seperti mata elang, selain di new jupiter MX perusahaan garpu tala ini juga menerapkan lampu eagle eye di varian motor yang lain nya juga seperti new soul GT, nah ngomong ngomong mengenai judul kita di atas ane menggunakan NJMX dari tahun 2015 dan sekarang jarak motor yang di tempuh motor ane sekitaran 28000 km, Hmmm lumayan cukup jauh karena motor ini termasuk kategori motor baru "menurut ane :v" motor yang mengusung mesin berbasis silinder tegak ini menggunakan mesin 135 cc, termasuk besar juga buat kategori motor bebek yang ada di indonesia yang notaben nya masih sekitaran 125 cc, tapi sekarang ada sang kaka yakni Jupter MX king 150cc, sedikit informasi nih gan motor NJMX 135 ini udah gak di produksi lagi karena udah di gantiin sama sang kaka nya yang 150cc itu, sedih ya gan :'( lebay dikit biar kece... wkwkw.. Tampak garang kan bro.. :)
Pengalaman menggunakan New jupiter MX135
Gear njmx
Dari segi Spesifikasi NJMX yang pertama keluar kalo ga salah pada 2009 hihi masih sama saja cuman yang membedakan yakni pada warna bodi dan striping stikernya. nah di bawah ini ada spesifikasi NJMX
Spesifikasi New Yamaha Jupiter MX "NJMX"
MesinTipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder :134,4 cc di bulatkan jadi 135 cc
Diameter x Langkah : 54,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1
Daya Maksimum : 9.21 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 12.14 Nm / 6000 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,94 Liter
Sistim Bahan Bakar : Karburator BS25-58 x 1
Tipe Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
Tipe Transmisi : (Spoke : Rotary, CW : Seesaw), 5 Kecepatan
Chasis
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban Depan : 70/90-17M/C 33P
Ban Belakang : 100/70-17M/C 49P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
Dimensi
P x L x T : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.245 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 140 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Berat Isi : 109 Kg
Kapasitas Tangki Bensin : 4 Liter
Kelistrikan
Sistem Pengapian : DC-CDI
Battery : YB5L-B (12V 5Ah) / GM5Z-3B
Busi : CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)
pas lagi nyervis
yang ke 2 motor ini tarikannya pendek. ya mungkin namanya juga motor kelas bebek kalo buat kebut kebutan mendingan jangan pake ni motor topspeed yang ane rasain cuman 120km/jam ya mungkin sepadan buat motot ini. hihih..
Ganti ban belakang
akselarasi yang kurang mungkin ini karena gear rante njmx ini kecil jadi kalo buat yang suka maen drag kurang cocok pake ni motor, kalo mau ganti gear set nya jadi lebih besar yang bagian belakang tapi ya resikonnya top speed jadi berkurang,
shockbleker yang terlalu empuk kadang kalo lewat jalan yang bergelombang ni motor trasa ancul anculan mungkin ini udah penyakit dari dulu kali yah karena ane pernah nanyain ke temen ane yang sama sama menggunakan NJMX sama sperti yang ane rasain shockbleker yang trlalu empuk cara atasi nya gampang bro tinggal ganti shocknya hihih ya lumayan sih harganya sekitaran 400rban klo yang lokal paling 200 rb hihi
Ganti kampas kopling
Di balik kekurangannya motor ini juga menyimpan kelebihan,
motor ini sudah menggunakan watercooling atau air raditor jadi pendinginan mesin lebih sempurna, silindernya juga udah tegak, giginya udah 5 yang biasanya motor bebek masih menggunakan 4 gigi jadi leluasa buat ngoper ngoper gigi oh iya motor ini juga sudah menggunakan formasi gigi 1 N 2 3 4 5 tidak seperti motor bebek yang kebanyakan
motor ini juga handle stang nya juga pas buat kalangan masyarakat indonesia, motor yang ane punya ini juga sering di bawa touring ke daerah cirebon tegal oh ya ane tinggal di ciamis hihihi.. njmx ini juga memiliki suara yang khas juga design body yang kece punya juga membuat motor ini enak buat di pandang bagian lampu denpanya yang lancip membuat kesan motor yang garang pada bagian belakang tempat lampu rem nya juga sudah watersmoke jadi sperti menggunakan skotlie di dalamnya
sparepat yang udah ane ganti selama 2 tahun lebih yakni
-Ban belakang pada 23000 km
-kampas kopling pada 26000 km
-saringan udara udah 2 kali ganti
-piringan rem belakang di sekitaran 17000 km
-kampas rem depan udah 2 kali ganti kalo yang belakang hampir 4 kali
-busi udah hampir 6 kali ganti
itu saja pengalaman selama 2 tahun lebih menggunakan New Jupiter MX 135 banyak sekali pengalaman pahit manis nya pake motor ini tapi allhamdulah selama motor ini tidak pernah terjadi crash.. amit amit jauhkan itu ya Allah..
mungkin apa yang ane tulis kali ini bisa saja berbeda dengan yang agan rasakan karena mungkin berbeda perawatan dan juga cara pemakaian
sekian artikel yang ane buat semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi kita semua dan saya minta maaf kepada pihak yang merasa di rendahkan oleh ulasan ane tidak ada maksud dalam diri ane buat menjatuhkan pihak lain..
tunggu artikel selanjutnya yahh......
Wah mantap tulisannya gan, saya juga punya njmx 2012, hihi sudah sekitar 6 tahunan.. tapi alhamdulillah masih oke untuk diajak jalan.. ya betul kata agan, rantainya agak berisik dan ban belakang susah dapetnya yg ukuran 100/70 terpaksa saya pakai ban 90/80 dan sekalian ganti ukuran rasio gear belakang dari 38 ke 37 (bisa jadi alesan sekalian ganti gear set untuk solusi suara rantai yg berisik hihi) sekarang saya pakai gear set SSS.. makasih gan udah sharing tulisannya.. :D
BalasHapusnjmx 2012 selama 8 thn 6 bln tetap tdk membosankan.. tarikan cukup utk uk motor bebek, nyamannya dapat, model cakep.. mtr terlama yg sy pakai.. tdk membosankan ada kopling manual.. kadang seling n max jg...
BalasHapusKlo saya sdh 10 tahun, skarang sdh mulai macet" biasa klo sementara lari tiba-tiba tdk mau narik gas, kbengkel jg macem komentnya, ada yg blang renhernya ganti, ada yg blang karbunya ada yg blang rante ketengnya, jadi bingung yg mana?
BalasHapusMantap & cukup informatif artikelnya Bang..sy juga pemakai New Jupiter MX 135 (kopling manual 5 speed) lansiran Desember 2013, jadi kira2 udah 7 th lebih ya..alhamdulillah smp sekarang sehat2 aja nih si Jupe, syaratnya ya servis rutin dan klo ada rusak atau rewel dikit langsung dibenerin (maaf..tergantung sikon dompet jg..tp di usahakanlah..hehe!), ni motor menurut sy modelnya ga ketinggalan jaman..masih cukup keren & up to date...cuman spy keliatan mengikuti perkembangan jaman, dop headlamp & dop lampu kota/senja sy ganti yg tipe led, trus dibagian buntut sy kasih sein tambahan pake punya kawazaki ninja..lumayan mirip MX King klo dilihat dari belakang. Pokoknya belom bosen deh sama si Jupe ini...sukses buat Jupe owner semua..
BalasHapusMantap juga
BalasHapus