Sebelum pekerjaan perubahan sudut, persiapan yang harus dilakukan adalah membuat perhitungan sudut yang akan dibuat berdasarkan valve in dan valve out yang akan digunakan (disesuaikan dengan aturan yang diijinkan apabila akan digunakan di arena balap), panjang titik sentuh rocker arm (pelatuk) pada ujung valve-valve dengan cam shaft, kemiringan dudukan valve pada ruang bakar dan jarak antara valve in serta valve out yang akan dipergunakan, serta diameter masing-masing valve.
.png)
Gbr. 15. Ilustrasi Sudut Antara Valve In dan Valve Out
Modifikasi pembesaran diameter valve in dan valve out dengan melakukan perubahan sudut sering terjadi kesalahan atau ketidak simetrisnya ujung valve yang bersentuhan dengan rocker arm, akibatnya rocker arm (pelatuk) hanya menekan sebagian kecil dari sisi diameter ujung valve. Bila hal ini terjadi, maka kemungkinan besar adalah berakibat pada kerusakan mekanisme valve atau yang lebih parah lagi adalah piston akan bertabrakan dengan valve saat dicoba pada putaran tinggi.
.png)
Gbr. 16. Jarak Valve in dan valve out
Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, usahakan saat membuat sudut kemiringan, perhitungannya mengacu pada jarak ujung valve in dan valve out yang digerakan rocker arm (seperti gbr. 16) dan ingatkan pada mekanik yang akan membuatnya sebelum terjadi kesalahan yang berakibat fatal. (selanjutnya)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar