
Para periset pemula diharapkan mengerti pada bagian-bagian mana saja yang harus dikerjakan. Misalnya adalah pada bagian saluran masuk udara dan bahan bakar, saluran buang hingga ke muffler, serta yang paling spesifik adalah bagian-bagian dari valve (klep) yang akan dikenai perubahan, dan komponen-komponen lainnya yang berhubungan dengan prinsip kerja motor bakar.
Pada bagian-bagian tertentu, para periset tidak perlu melakukan pengembangan atau perubahan sendiri, melainkan dengan bantuan pihak lain. Umumnya pekerjaan perubahan dalam riset, sebagian besar komponen dilakukan oleh workshop-workshop bubut. Perubahan komponen sesuai dengan permintaan periset, khususnya pada komponen (part) yang memerlukan tingkat ketelitian dan toleransi yang sangat kecil inilah hanya dapat dikerjakan di workshop-workshop bubut, khususnya bubut yang berhubungan dengan bidang Automotive.
Perlu diingat, bahwa dengan menguasai prinsip kerja, periset memiliki gambaran pekerjaan riset yang akan dilakukan. Untuk bongkar pasang komponen sepeda motor bisa dilakukan dengan bantuan teknisi di workshop-workshop sesuai dengan kemampuan biaya yang dimiliki atau teman-teman yang telah terbiasa melakukan pekerjaan bongkar pasang pada bagian engine pada khususnya. Mari kita pahami apa itu motor 4 tak dan motor 2 tak sebelum melakukan pekerjaan riset pada sepeda motor masing-masing.
Pengetahuan tentang perhitungan matematis atau teknis dalam perencanaan elemen mesin dan ilmu bahan merupakan nilai tambah dalam keberhasilan meriset sepeda motor. (berikutnya)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar